Agenda: Hari Puisi Dewan Kesenian Banten – Puisi dan Sikap Hidup

SABTU, 29 Juli 2017, Dewan Kesenian Banten (DKB) menggelar acara rutin Bengkel Seni Budaya. Ini perhelatan yang ke-10.  Acara akan dimulai  pukul 15.30 WIB hingga selesai, di Taman Budaya Banten.

Acara bertema “PERINGATAN HARI PUISI INDONESIA: PUISI DAN SIKAP HIDUP” diisi dengan  sarasehan, pembacaan, dan musikalisasi puisi bersama: Amien Kamil, Toto ST Radik, Sulaiman Djaya, Novia Fitria, Ibnu PS Megananda, Arif Sodakoh, Komunitas Seni Gesbica UIN Banten, dll.

Puisi lahir dan ditulis oleh penyair dari kehidupan, dalam arti puisi tidaklah lahir dari ruanghampa yang tercerabut dari kondisi manusiawi yang berjalan bersama sejarah, bersama kondisi-kondisi sosial-kultural- politis, bahkan eksistensial.

Puisi lahir dari rahim sejarah dan kondisi kemanusiaan sebagai sebuah refleksi dan sikap seorang penyair menjalani dan memandang hidup. Inilah dasar tema Bengkel Seni Budaya #10 Dewan Kesenian Banten 29 Juli 2017 dalam rangka Peringatan Hari Puisi Indonesia.

Adalah sesuatu yang lazim bahwa puisi adalah cerminan geliat dan ruh hidup. Acapkali puisi merupakan modus mengada dan metode seorang penyair untuk mengajukan dan menawarkan pandangan dan sikap hidup itu sendiri. Puisi digali dan ditulis dari relung jiwa kehidupan dan keseharian manusiawi bersama sejarah, dari pertarungan dan perjalanan manusia sebagai Sang Pengada dalam lautan banalitas dan kedalaman sejarah. Karena itulah puisi acapkali mengandung kearifan.

Ini rinciannya:
1. Pukul 15.30 WIB :
Pembacaan teks tema oleh Novia Fitria
Orasi singkat Ketua DKB H. Chavcay Syaifullah, S. S,
Pengantar Acara oleh PJ Program
Deklamasi Puisi oleh Siswa (Tito) dan Siswi (Selvi).
2. Pukul 16.00 WIB: Sarasehan dan diskusi Manuskrip 1000 Kilometer dari Hatiku karya
Toto ST Radik oleh Sulaiman Djaya (Ketua Komite Sastra, Ketua Bidang Perencanaan
Program, dan Penanggungjawab Program Bengkel Seni Budaya Dewan Kesenian
Banten)
3. Pukul 17.00 WIB: Pentas Musikalisasi Puisi oleh Gesbica Universitas Islam Negeri
(UIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten
4. Pukul 17.20 WIB: Deklamasi Puisi oleh Toto ST Radik, Ibnu PS Megananda, Arif
Sodakoh, Rohaendi dll.
5. Pukul 18.15 WIB: Poetry Performance oleh Amien Kamil dkk.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *